Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Gugus III Kec. Guguak Lima Puluh Kota

Zain, Bella Putri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Gugus III Kec. Guguak Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_BELLA_PUTRI_ZAIN_17124080_3876_2022.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa SDN Gugus III Kecamatan Guguak masih rendah sehingga menjadi alasan untuk melakukan penelitian. Siswa cendrung pasif dan tidak memahami soal terlebih dahulu serta tidak membuat perencanaan dalam menyelesaikan soal dengan langsung menulis jawaban. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Guguak. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 07 Guguak VIII Koto dan siswa kelas V SDN 11 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan angket. Analisis data menggunakan uji T untuk hipotesis 1 sampai 3 dan anova dua arah untuk hipotesis 4. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model TPS lebih baik dari yang menggunakan pendekatan konvensional. (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model TPS lebih baik dari yang menggunakan pendekatan konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:03
Last Modified: 19 Oct 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item View Item