Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Profesional untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Kelas VIII di SMPN 2 Kee. Akabiluru

Elvadiningsih, Siska (2022) Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Profesional untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Kelas VIII di SMPN 2 Kee. Akabiluru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SISKA_ELVADININGSIH_17029076_3439_2022.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan ajar pembelajaran dapat membuat peserta didik lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar dan peserta didik juga mampu berpikir secara kreatif dan matematis. jika bahan ajar/modul disajikan dalam bentuk e- modul akan lebih menarik lagi karena bisa meng-inputkan video ke dalam modul/bahan ajar tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul menggunakan flip pdf professional pada materi bangun ruang sisi datar untuk kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini termasuk dalam research and development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Model 4-D terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Desseminate. Namun pada penelitian kali ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan di UPTD SMPN 2 Kee. Akabiluru kepada peserta didik dengan mengambil subjek sebanyak 3 orang untuk tahap one to one evaluation dan mengambil subjek 6 orang peserta didik untuk tahap small group evaluation. Data yang diperoleh di analisis dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengembangkan e-modul menggunakan flip pdf profesional yang valid dan praktis pada materi bangun ruang sisi datar dilakukan dengan cara menambahkan materi-materi yang belum terdapat di hand out yang sebelumnya sehingga e-modul ini menjadi lebih lengkap dan memudahkan peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli, e-modul dikategorikan valid dengan tingkat validitas 85,00%. Untuk hasil praktikalitas respond peserta didik dalam tahap one-to-one evaluation dari kelas VIII. I adalah 87,72% dan dikategorikan sangat praktis, dan untuk tahap small-group evaluation dari kelas VIII.2 adalah 86,00% dan dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah layak digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:58
Last Modified: 18 Oct 2022 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40426

Actions (login required)

View Item View Item