Pengembangan LKPD Berbasis Masalah pada Materi Momentum dan Impuls untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA

Enjellina, Silvy (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Masalah pada Materi Momentum dan Impuls untuk Pembelajaran Fisika SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SILVY_ENJELLINA_18033111_4716_2022.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih menggunakan model pembelajaran langsung, masih terbatasnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar fisika pada materi momentum dan impuls. Tujuan penelitian ini ada 2 yaitu 1) Untuk menghasilkan LKPD berbasis masalah pada materi momentum dan impuls untuk pembelajaran fisika SMA/MA. 2) Untuk mengetahui kualitas LKPD berbasis masalah pada materi momentum dan impuls untuk pembelajaran fisika SMA/MA, ditinjau dari validitas dan praktikalitas. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D) Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Objek dari penelitian adalah LKPD Berbasis Masalah pada Materi Momentum dan Impuls yang diujicobakan kepada peserta didik SMA Negeri 4 Bukittinggi. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk dan analisis praktikalitas produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, LKPD yang dihasilkan sudah sesuai dengan desain yang dibuat dan memiliki struktur yang disusun berdasarkan Depdiknas tahun 2008. LKPD memiliki sintaks model pembelajaran berbasis masalah. Kedua, Kelayakan LKPD berbasis masalah pada materi momentum dan impuls untuk pembelajaran fisika SMA/MA yang ditinjau dari uji validitas berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata validasi LKPD dari tenaga ahli adalah 84,6% dan yang ditinjau dari praktikalitas oleh guru Fisika berada pada kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata yaitu 88, 17% serta uji praktikalitas oleh peserta didik berada pada kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata yaitu 91,47%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Masalah pada Materi Momentum dan Impuls yang sudah dikembangkan memiliki validitas dan praktikalitas yang baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:32
Last Modified: 17 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40405

Actions (login required)

View Item View Item