Analisis Kekerasan pada Pisau Sadap Tanaman Karet Berbahan Baja Karbon Menengah Hasil Proses Quenching dengan Media Pendingin Berbeda

Brawira, Niko Adima (2022) Analisis Kekerasan pada Pisau Sadap Tanaman Karet Berbahan Baja Karbon Menengah Hasil Proses Quenching dengan Media Pendingin Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NIKO_ADIMA_BRAWIRA_15067065_2614_2022.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Proses pengerasan atau hardening yang merupakan proses pemanasanmaterial hingga batas austensit nya lalu di dingin kan dengan cepat atau di sebut dengan quenching., Proses quenching adalah proses pendinginan secara cepat dengan pencelupan pada baja yang telah dilakukan heat treatment dengan media pendingin oli dan air. Tujuanheattreatmentdengan memperoleh logam yang ulet, keras serta meningkatkan mampu mesin dan menghilangkan tegangan sisa.Proses perlakuan panas yang dilakukan pada Pandai Besi dharmasraya masih sederhana dengan menggunakan pendinginan air biasa. Hal ini mengakibatkan pisaumudah retak dan getas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efek quenching dengan media pendingin yang berbeda terhadap kekerasan pisau berbahan JIS SUP 9 hasilPandai Besi Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pisau yang digunakan berbahan Baja Per daun atau JIS SUP 9 yang diberikan heattreatment dengan temperatur 800˚Cadan holding time 30 menit Kemudian dilakukan quenching dengan media pendingin air dan oli. Sebelum tahap uji kekerasan microvickers, dilakukan proses pembersihan dengan amplas. Pengujian kekerasan dengan menggunakan mesin uji kekerasan Microvickers. Dari hasil analisa data bahwa pisau yang di quenching dengan air memiliki rata - rata kekerasan 295,6 HVN dan Oli memiliki rata-rata kekerasan 720,7 HVN serta spesimen kontrol dengan kekerasan 256,6 HVN. Jadi quenching memiliki viskositas yang tinggi dan densitas yang rendah dari pendingin air dan air laut mengakibatkan proses laju pendinginannya lambat sehingga oli pendinginan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:05
Last Modified: 14 Oct 2022 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40355

Actions (login required)

View Item View Item