Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan

Muklis, Muklis (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUKLIS_18067060_3934_2022.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara lancar apabila diiringi dengan ketersediaan media pembelajaran yang tepat. Pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Pemesinan memerlukan kegiatan praktik secara langsung, contohnya dalam memahami penggunaan mesin bubut. Situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mendesak perguruan tinggi agar mampu melangsungkan perkuliahan melalui kegiatan daring. Hal ini menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami penggunaan mesin bubut. Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan media pembelajaran bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin angkatan 2021 pada mata kuliah Teknologi Pemesinan melalui pemanfaatan media interaktif Augmented Reality. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan jenis pengembangan Plomp. Penelitian dilangsungkan di Jurusan Teknik Mesin FT￾UNP. Penelitian dilakukan pada semester Januari-Juni 2022. Subyek penelitian adalah 45 orang mahasiswa jurusan DIII Teknik Mesin angkatan 2021. Berdasarkan pengujian validasi oleh ahli materi terhadap pengembangan aplikasi Augmented Reality pada mata kuliah Teknologi Pemesinan memperoleh nilai sebesar 90,2% yang berarti sangat valid. Pengujian validasi oleh ahli media menghasilkan penilaian sebesar 92,8% yang berarti sangat valid. Pengujian validasi oleh ahli bahasa menghasilkan penilaian sebesar 82,5% yang berarti sangat valid. Pengujian praktikalitas yang dilakukan oleh dosen terhadap pengembangan aplikasi v Augmented Reality pada mata kuliah Teknologi Pemesinan menunjukkan hasil sebesar 87,5% yang berarti bahwa pengembangan aplikasi Augmented Reality sangat praktis. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh mahasiswa menunjukkan persentase nilai sebesar 93,1% yang berarti sangat praktis. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android pada Mata Kuliah Teknologi Pemesinan sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:05
Last Modified: 14 Oct 2022 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40354

Actions (login required)

View Item View Item