Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together Di Kelas V SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota

Kadri, Wahyuni Novita (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together Di Kelas V SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_WAHYUNI_NOVITA_KADRI_18129327_3090_2022.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SD Negeri 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota, guru terlihat belum melaksanakan pembelajaran tematik terpadu yang terfokus kepada aktivitas siswa sehingga siswa belum aktif, siswa kurang bekerjasama dalam berdiskusi, dan siswa kurang bertanggung jawab antar anggota kelompoknya saat diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas V SD Negeri 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 24 orang, terdiri dari orang 12 laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan a) RPP pada siklus I dengan rata-rata nilai adalah 73,61% dengan kualifikasi Cukup, nilai meningkat pada siklus II menjadi 86,11% dengan kualifikasi Baik. b) Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata nilai 80,55% dengan kualifikasi Baik, nilai meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi Sangat Baik, c) Aspek siswa siklus I dengan rata-rata nilai 80,27% dengan kualifikasi Baik, nilai meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi Sangat Baik. Dengan demikian model Kooperatif TipeNumbered Head Together telah dapat meningkatkan Proses Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di KelasV SD Negeri 02 Muaro Paiti Kabupaten 50 Kota

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tematik Terpadu, Numbered Head Together, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:33
Last Modified: 11 Oct 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40260

Actions (login required)

View Item View Item