Analisis Ketersediaan Indikator HOTS dalam Media Pembelajaran pada Materi Fisika SMA Kelas X Semester II

Miftahurrahmi, Miftahurrahmi (2022) Analisis Ketersediaan Indikator HOTS dalam Media Pembelajaran pada Materi Fisika SMA Kelas X Semester II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MIFTAHURRAHMI_18033153_2930_2022.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Salah satu implementasi abad 21 dalam bidang pendidikan yaitu kurikulum 2013. Keterampilan yang dimiliki dalam kurikulum 2013 adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Pembelajaran berbasis HOTS menuntut peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Guru hams mampu menciptakan pembelajaran aktif dan kreatif berupa media pembelajaran. Selain itu, ketersediaan indikator HOTS belum diketahui dalam media pembelajaran. peneliti melakukan penelitian analisis ketersediaan indikator HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan indikator HOTS dalam media pembelajaran pada materi fisika SMA kelas X semester II. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif Populasi data penelitian adalah seluruh SMA Negeri Se-Kota Padang . Pengambilan sampel sekolah sebanyak 16 sekolah dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Sedangkan teknik dalam pengambilan sampel media pembelajaran menggunakan teknik non probability sampling jenisnya adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah media pembelajaran yang dibuat oleh guru yang terdiri dari 6 sekolah di SMAN Kota Padang. Data penelitian diambil menggunakan instrumen analisis sajian media pembelajaran dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian terhadap ketersediaan indikator HOTS pada media pembelajaran fisika SMA kelas X semester II, dapat disimpulkan ketersediaan indikator HOTS dalam media pembelajaran 36,04% masih dikategorikan kurang tersedia. Ketersediaan indikator HOTS tertinggi terdapat pada keterampilan berpikir kritis 45, 17% dengan kategori cukup tersedia. Ketersediaan indikator HOTS terendah terdapat pada keterampilan pengambilan keputusan. Ketersediaan indikator HOTS berdasarkan materi kelas X semester II tertinggi terdapat pada materi momentum dan impuls dengan persentase 39,32% dengan kategori kurang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:09
Last Modified: 06 Oct 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40152

Actions (login required)

View Item View Item