Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodie Terintegrasi HSP Interactive Content pada Materi Bentuk Molekul Kelas X SMA/MA

Juliati:, Nadia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodie Terintegrasi HSP Interactive Content pada Materi Bentuk Molekul Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NADIA_JULIATI_17035030_3936_2022.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Bentuk molekul adalah salah satu konsep kimia yang dipelajari oleh peserta didik kelas X SMA di sekolah. Namun, dalam proses pembelajarannya peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi dan mengalami miskonsepsi pada materi bentuk molekul. Salah satu faktor yang memengaruhi pemahaman konsep peserta didik adalah media pembelajaran yang digunakan. Penggunaan media yang kurang menarik dapat mengurangi motivasi belajar peserta didik. Salah satu bentuk media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media berbasis teknologi. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat lebih membantu peserta didik dalam memahami suatu konsep yang bersifat abstrak, terutama pada konsep yang membutuhkan visualisasi yang baik dan menarik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Plomp. Dalam hal ini memuat design research yang akan digunakan untuk merancang dan mengembangkan dan mengevaluasi intervensi pendidikan seperti strategi pembelajaran, produk maupun sistem sebagai solusi untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks dalam suatu praktik pendidikan. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu studi pendahuluan (preliminary research), tahap pembuatan prototipe (prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Adapun produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Moodie terintegrasi H5P Interactive content pada materi bentuk molekul kelas X SMA/MA. Media yang dikembangkan tersebut dinyatakan valid berdasarkan analisis Aiken's V validasi media sebesar 0,96, validasi konten sebesar 0,96, serta validasi konstruk sebesar 0,96.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:08
Last Modified: 06 Oct 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40149

Actions (login required)

View Item View Item