Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran di Rumah di Kelurahan Kubugadang Kota Payakumbuh

Susanti, Saskia (2022) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran di Rumah di Kelurahan Kubugadang Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_SASKIA_SUSANTI_16005079_3674_2022.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Latarbelakang penelitian adalah rendahnya minat anak pada pembelajaran dirumah dikelurahan Kubugadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Hal ini diduga karena kurangnya perhatian orangtua sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar anak. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran perhatian orang tua terhadap anak didik dalam mengikuti pembelajaran dari rumah, 2) Mengetahui gambaran minat belajar anak didik dalam mengikuti proses pembelajaran dari rumah, 3) Mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan minat belajar anak pada pembelajaran dari rumah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan menguji hubungan antara perhatian orang tua dengan minat belajar anak pada pembelajaran dari rumah di kelurahan kubugadang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang, teknik dalam pengambilan sampel adalah random sampling dan diambil sebanyak 50% yaitu 25 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan format daftar pernyataan sebagai alat pengumpulan data, teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan untuk mencari korelasi menggunakan rumus rank order. Hasil penelitian membuktikan: 1) Perhatian orang tua pada pembelajaran di rumah dikelurahan kubugadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh dikategorikan rendah; 2) Minat belajar anak pada pembelajaran rumah dikelurahan Kubugadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh dikategorikan rendah; 3) terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan minat belajar anak pada pembelajaran dirumah dikelurahan kubugadang Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Diharapkan peneliti berikutnya berinovasi dan meneliti variabel baru sehingga memperlengkap dan memperbanyak variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perhatian orangtua; minat belajar anak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:01
Last Modified: 06 Oct 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40137

Actions (login required)

View Item View Item