Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Di Kelas V SD Negeri 10 Sapiran Aur Birugo Kota Bukittinggi

Amalia, Miga Try (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Di Kelas V SD Negeri 10 Sapiran Aur Birugo Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MIGA_TRY_AMALIA_18129282_2983_2022.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, kegiatan yang disusun guru belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran, pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok sehingga pada pembelajaran masih terkesan konvensional, dan penelitian dalam pembelajaran cenderung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model Cooperative Learning tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) di Sekolah Dasar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V jumlah 12 orang siswa. Yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I memperoleh rata-rata 86,2 dengan kategori baik (B) dan siklus II 92,5% dengan kategori sangat baik (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus memperoleh rata-rata 84,3% dengan kategori baik (B), dan siklus II 93,75% dengan kategori (A), sedangkan pada aspek peserta didik memperoleh rata-rata 80,7% dengan kategori baik (B), dan siklus II 90,6% dengan kategori sangat baik (A), c) Penilaian hasil belajar terhadap peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 76,32 dan siklus II memperoleh rata-rata 90,6. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Student Facilitator and Explaining(SFAE) , Hasil Belajar, Peningkatan, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:23
Last Modified: 05 Oct 2022 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40128

Actions (login required)

View Item View Item