Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis lnkuiri Terbimbing Menggunakan LMS (Learning Management System) Moodie Pada Materi Koloid Kelas XI SMA/MA

Sitanggang, Lasdina Oktavia (2022) Pengembangan Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis lnkuiri Terbimbing Menggunakan LMS (Learning Management System) Moodie Pada Materi Koloid Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_LASDINA_OKTAVIA_SITANGGANG_17035147_4655_2022.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Menjalani era revolusi industri 4.0 yang dapat dilihat dari perkembangan teknologi tentu berpengaruh juga terhadap bidang Pendidikan. Pendidikan di era revolusi 4.0 memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang kreatif dan inovatif sehingga dapat menyeimbangi perkembangan di era digital. Proses pembelajaran dituntut untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi digital sehingga proses pembelajaran berpusat pada peserta didik. Kurikulum 2013 juga menuntut peserta didik untuk aktif dalam mencari, mengolah, dan membangun pengetahuan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS (Learning Management System) Moodie pada materi koloid kelas XI SMA/MA dengan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMA N 8 Padang, dan peserta didik kelas XII IPA SMAN 8 Padang. Penelitian ini dilakukan juga uji validitas dengan rumus Aiken's V dan uji praktikalitas menggunakan rumus persentase. Uji validitas dilakukan oleh 5 orang validator dan uji one to one evaluation oleh tiga orang peserta didik. Hasil pengolahan data uji validitas yaitu 0,87 dalam kategori valid. Untuk hasil uji praktikalitas oleh peserta didik yaitu 87% dan uji praktikalitas guru yaitu 92% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS (Learning Management System) moodle pada materi koloid untuk kelas XI SMA/MA sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:14
Last Modified: 05 Oct 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40124

Actions (login required)

View Item View Item