Pengembangan Modul Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Berbasis Discovery Learning Kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor.

Hidayat. R, Rahmat (2022) Pengembangan Modul Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Berbasis Discovery Learning Kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_RAHMAT_HIDAYAT R _16073096_496_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif terkhusus pada materi jenis-jenis power tools. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D) atau penelitian pengembangan dengan desain pengembangan 4D (Four D-Model). Subjek uji coba penelitian melibatkan dua orang dosen sebagai validator ahli materi dan ahli media, dan satu orang guru mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif serta 30 orang siswa kelas X TBSM SMKN 5 Padang sebagai uji praktikalitas. Hasil penelitian mendapatkan kelayakan media berdasarkan penilaian ahli materi dengan skor 95,24 (sangat valid) sedangkan penilaian ahli media dengan skor 96,67 (sangat valid). Hasil uji praktikalitas mendapatkan penilaian dari guru mata pelajaran dengan skor 96,25 (sangat valid) dan penilaian responden siswa secara keseluruhan mendapatkan skor 92,8 (sangat valid). Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif berbasis Discovery Learning kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor layak digunakan dengan kategori sangat baik. Sehingga layak digunakan sebagai media belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN, TEKNIK OTOMOTIF, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:04
Last Modified: 05 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40117

Actions (login required)

View Item View Item