Hubungan Komunikasi Efektif Instruktur dengan Partisipasi Warga Belajar dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Sikapak Timur Kota Pariaman

Sari, Fitri Indah (2022) Hubungan Komunikasi Efektif Instruktur dengan Partisipasi Warga Belajar dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Sikapak Timur Kota Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_04_FITRI_INDAH_SARI_18005108_3494_2022.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi warga belajar dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Kota Pariaman. Hal ini diduga karena rendahnya komunikasi efektif instruktur terhadap warga belajar dalam program PKK ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat : 1) gambaran komunikasi efektif dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga di Kota Pariaman, 2) gambaran partisipasi warga belajar dalam pembuatan serbuk jahe pada program pemberdayaan kesejahteraan keluarga di Kota Pariaman, 3) mengetahui hubungan komunikasi efektif dengan partisipasi warga belajar dalam pembuatan serbuk jahe dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga di Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasional yang bertujuan mengetahui hubungan komunikasi efektif instrukturdengan partisipasi warga belajar dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Kota Pariaman. Populasi penelitian ialah berjumlah 35 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakam Stratified Random Sampling dan diambil sebanyak 70% yaitu 25 orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan Rank Order. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Gambaran komunikasi efektif instruktur warga belajar dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Kota Pariaman dikategorikan rendah; 2) Gambaran partisipasi warga belajar dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Kota Pariaman rendah, dan; 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi efektif dengan partisipasi warga belajar dalam program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Kota Pariaman. Selanjutnya saran diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel yang baru sehingga dapat memperbanyak dan memperlengkap variabel yang akan diteliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Efektif Instruktur; Partisipasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:22
Last Modified: 04 Oct 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40102

Actions (login required)

View Item View Item