Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sarana Ruang Praktik Otomotif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK N 1 Pancung Soal.

Candra, Ardi (2022) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sarana Ruang Praktik Otomotif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK N 1 Pancung Soal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_ARDI_CANDRA_17073007_1021_2022.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan teknologi. Pendidikan kejuruan mempunyai tujuan utama yaitu menyiapkan tamatannya memasuki dunia kerja, standar sarana memiliki peran yang besar didalam keberhasilan siswa dalam memperoleh informasi sekolah. Sarana disekolah yang tidak memenuhi dengan baik dapat mengakibatkan proses pembelajaran terkendala peralatan dan perlengkapan yang disediakan di sekolah mempunyai pengaruh besar terhadap program belajar mengajar. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penlitian ini bagaimana hasil belajar siswa kelas XII di SMK N1 Pancung Soal mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan. Adapun tujuan penelitian Untuk mengetahui pengaruh sarana terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan siswa kelas XII di SMK N1 Pancung Soal. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif merupakan penelitian terhadap pengaruh persepsi siswa tentang sarana ruang praktek otomotif terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMK N1 Pancung Soal, dengan teknik pengumpulan data berupa opservasi, dokumentasi, angket/kuisioner. Sumber data dari populasi keseluruhan siswa kelas XII SMK N 1 Pancung Soal yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian melalui observasi langsung, angket atau kuensioner ini dengan analisis deskriptif persentase diperoleh kelengkapan sarana diperoleh sebanyak 5 (13%), siswa menyatakan kelengkapan sarana dalam kategori sangat lengkap, 25 (66%), siswa menyatakan kelengkapan sarana dalam kategori lengkap, dan sebanyak 8 (21%). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: rata–rata nilai hasil belajar pemeliharaan mesin kendaraan ringan pada siswa kelas XII di SMK N 1 Pancung Soal sebesar 82,61, ada pengaruh yang signifikan antara sarana praktek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan siswa kelas XII SMK N 1 Pancung Soal dengan besarnya 17,8%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MESIN KENDARAAN RINGAN, PRAKTIK OTOMOTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:22
Last Modified: 04 Oct 2022 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40097

Actions (login required)

View Item View Item