Hubungan Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Hasil Belajar Praktik Pengelasan di Workshop Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Putra, Rizki Trio Kurnia (2022) Hubungan Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Hasil Belajar Praktik Pengelasan di Workshop Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RIZKI_TRIO_KURNIA_PUTRA_17067123_633_2022.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi landasan penting bagi siswa untuk melakukan praktik di workshop dengan baik, dalam hal ini siswa harus nyaman dalam proses pembelajaran praktik agar terhindar dari kecelakaan kerja tentunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahun, sikap siswa, dan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) saat praktik di workshop Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap hasil belajar praktik pengelasan di workshop Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan jumlah 51 orang siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Las dengan jumlah 26 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan siswa (N) 26 pada taraf signifikasi (α) 0.05. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket secara online melalui google from yang diberikan kepada siswa yang menjadi sampel penelitian untuk mengetahui hubungan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap hasil belajar praktik pengelasan di workshop Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap hasil belajar praktik pengelasan di workshop Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,762 pada taraf signifikasi 0,05. Hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan sumbangan yang diberikan oleh hubungan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sebesar 58,06% terhadap hasil belajar praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN KERJA, HASIL BELAJAR, PENGELASAN.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:05
Last Modified: 04 Oct 2022 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40050

Actions (login required)

View Item View Item