Penerapan K3 pada Mata Pelajaran Las Shield Metal Arc Welding (Smaw) terhadap Hasil Belajar Kelas Xi Teknik Pengelasan di Bengkel Las Smk Negeri 1 Lembah Melintang.

Tarigan, Bahri Johan (2022) Penerapan K3 pada Mata Pelajaran Las Shield Metal Arc Welding (Smaw) terhadap Hasil Belajar Kelas Xi Teknik Pengelasan di Bengkel Las Smk Negeri 1 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_BAHRI_JOHAN_TARIGAN_17067060_916_2022.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi target sebagai lembaga pendidikan yang menjadi sasaran utama terhadap perlunya pengetahuan dan pemahaman tentang K3. Mata pelajaran praktek yang harus menerapkan K3 ialah mata pelajaran las Shield Metal Arc Welding (SMAW). Observasi di SMK Negeri 1 Lembah Melintang saat kegiatan praktek berlangsung, hasil obsevasi di bengkel las SMK Negeri 1 Lembah Melintang belum efektif, Ini dilihat dari banyak murid yang tidak menerapkan K3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang antara K3 terhadap hasil belajar kelas XI di bengkel las SMK Negeri 1 Lembah Melintang, serta untuk mengetahui bagaimana penggunan alat K3 pada saat pelaksanaan mata pelajaran las Shield Metal Arc Welding (SMAW) kelas XI di bengkel las SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Metode pengumpulan data untuk penelitian kali ini dengan menerapkan dua teknik pengumpulan yaitu observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil t-hitung 17,81807 lebih besar dari derajat kebebasan 1,6698, ini menunjukan adanya pengaruh antara penerapan K3 di bengkel dengan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Maka didapat kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara penerapan kesehatan dan keselamatan kerja dengan hasil belajar yang didapat murid dalam mata pembelajaran las Shield Metal Arc Welding (SMAW) kelas XI Teknik Pengelasan di bengkel las SMK Negeri 1 Lembah Melintang,mhal ini dilihat dari besarnya nilai r_hitung > r_tabel atau 17,8187 > 1,6698, maka H_o ditolak, berarti H_1 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BENGKEL LAS, HASIL BELAJAR, KESELAMATAN KERJA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:56
Last Modified: 03 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40044

Actions (login required)

View Item View Item