Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Bentuk Molekul Kelas X SMA/MA

Avelia, Trieana (2022) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring pada Materi Bentuk Molekul Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_TRIEANA_AVELIA_17035081_2480_2022.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Materi bentuk molekul merupakan materi kimia yang memiliki sifat abstrak, sehingga mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi tersebut. Dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang mampu membantu peserta didik dalam memahami materi dan mampu menampilkan permodelan baik berupa animasi, video maupun gambar dari bentuk molekul secara jelas. Salah satu media pembelajaran yang dapat menampilkan hal tersebut adalah media pembelajaran PowerPoint-iSpring yang mampu membantu peserta didik dalam memahami konsep materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi bentuk molekul kelas X SMA serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian educational design research dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang dilaksanakan hingga tahap small group evaluation. Subjek penelitian adalah 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia serta peserta didik SMAN 7 Padang. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara guru, angket peserta didik, angket uji validasi dan angket uji praktikalitas. Penelitian terhadap media pembelajaran PowerPoint-iSpring pada materi bentuk molekul ini memperoleh hasil uji validitas sebesar 0,87 dan hasil uji praktikalitas sebesar 0,92. Berdasarkan hasil uji tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangakan dapat dikategorikan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:26
Last Modified: 26 Sep 2022 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39867

Actions (login required)

View Item View Item