Upaya Meningkatkan Aktivitas Gerak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Modifkasi Permainan Bola Besar di SMP Negeri 6 Pariaman

Ferdian, Rendy (2022) Upaya Meningkatkan Aktivitas Gerak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Modifkasi Permainan Bola Besar di SMP Negeri 6 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
A_01_RENDY_FERDIAN_17086282_307_2022 (26 JAN.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya aktivitas gerak peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas VIII 1 di SMPN 6 Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitis gerak peserta didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan kelas VIII 1 di SMPN 6 Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Intrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas gerak dalam permainan modifikasi bola voli yang diisi oleh teman sejawat. Populasi penelitian ini mengambil seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Pariaman dengan Jumlah 116 yang terdiri dari siswa putra 60 dan putri 47 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel kelas yaitu kelas VIII 1, dengan banyak sampel 29 orang, terdiri dari siswa putra 15 dan putri 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Diketahui hasil pertemuan 1 didapat rata-rata aktivitas gerak siswa yaitu 66,66. Dari hasil pertemuan 2 didapat rata-rata aktivitas gerak siswa yaitu 72,41%. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran yang sudah diterapkan tergolong baik namun masih belum mencapai indicator keberhasilan. Selanjutnya pada pertemuan 3 didapat rata-rata aktivitas gerak siswa yaitu 77.01%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas gerak siswa belummencapai nilai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% ,namun sejauh ini hasil dari persentase yang ada angka ini sudah cukup baik untuk mencapai indikator keberhasilan. Penelitian ini dicukupkan pada pertemuan 3 karena sesuai yang dilihat dari setiap pertemuan sudah adanya peningkatan aktivitas gerak siswa dari setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa proses pembelajaran dalam bentuk permainan modifikasi bola besar khususnya dalam peramianan bola voli dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Gerak, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:56
Last Modified: 21 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39804

Actions (login required)

View Item View Item