Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA

Azhari, Manja (2022) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MANJA_AZHARI_17035019_201_2022.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Era revolusi 4.0 merupakan era digitalisasi berbagai bidang terutama bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dapat menjadi peluang dalam mengembangkan ide dan inovasi pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran pada era digitalisasi ini adalah dengan mengembangkan permainan ular tangga kimia sebagai variasi latihan dalam bentuk digital. Penelitian ini bertujan untuk mengembangkan permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA dan menentukan validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian adalah educational design research dengan model pengembangan Plomp. Uji validitas permainan ular tangga kimia berbasis android dilakukan oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP, tiga orang dosen teknik informatika FT UNP, dan tiga orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan enam orang peserta didik kelas XII SMAN 13 Padang tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Hasil validitas konten dan konstruk permainan ular tangga kimia berbasis android dianalisis menggunakan formula Aiken’s V dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai V untuk validitas konten, validitas konstruk dan validitas media secara keseluruhan berada pada kategori valid. Hasil analisis data praktikalitas oleh guru dan peserta didik secara keseluruhan berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpukan bahwa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA yang dikembangkan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:18
Last Modified: 20 Sep 2022 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39758

Actions (login required)

View Item View Item