Hubungan Perencanaan Karier dan Atribusi dengan Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Pada mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang)

Rendi, Rendi (2022) Hubungan Perencanaan Karier dan Atribusi dengan Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Pada mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RENDI_SAMOSIR_1308502_2835_2022.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran penting dalam proses belajar dan pembelajaran mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan karier mahasiswa, mendeskripsikan atribusi mahasiswa, mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa, menguji hubungan antara perencanaan karier terhadap motivasi belajar mahasiswa, menguji hubungan antara atribusi dengan motivasi belajar mahasiwa, dan menguji hubungan antara perencanaan karier dan atribusi dengan motivasi belajar mahasiswa.Penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif. jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang berjumlah 435 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 208 orang yang dipilih dengan teknik propotional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket perencanaan karier, atribusi, dan motivasi belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda.Temuan penelitian ini: (1) secara umum mahasiswa sudah mempunyai perencanaan karier yang baik, (2) atribusi mahasiswa tergolong dalam kategori sedang, (3) motivasi belajar mahasiswa tergolong dalam kategori tinggi, (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara perencanaan karier dengan motivasi belajar, (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara atribusi dengan motivasi belajar, (6) terdapat hubungan postif yang signifikan antara perencanaan karier dan atribusi dengan motivasi belajar mahasiswa, dan (7) implikasi dari hasil peneltian ini, dapat digunakan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan perencanaan karier, atribusi, dan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perencanaan karier, atribusi, motivasi belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:29
Last Modified: 15 Sep 2022 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39705

Actions (login required)

View Item View Item