Pengembangan Media Pembelajaran Power Point-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Penuntun Pada Materi Korosi Untuk Kelas XII SMA/MA”

Mardian, Iffa Hanifah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Power Point-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Penuntun Pada Materi Korosi Untuk Kelas XII SMA/MA”. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_07_IFFA_HANIFAH_MARDIAN_17035066_53_2022.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada saat ini menuntut adanya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, untuk itu dapat digunakan pertanyaan penuntun yang dapat mengarahkan peserta didik menemukan konsep yang berkaitan dengan materi sehingga peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu untuk membantu peserta didik dalam pemahamannya terhadap fenomena kimia diperlukan interkoneksi tiga level representasi kimia dalam pembelajaran. Untuk menghadirkan pembelajaran yang memenuhi syarat-syarat tersebut dapat digunakan media pembelajaran, salah satu contohnya yaitu media pembelajaran Power Point-iSpring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan penuntun pada materi korosi serta menentukan tingkat validitas dari media yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model penelitian Plomp. Subjek pada penelitian ini yaitu dosen kimia FMIPA UNP dan guru kimia sebagai ahli materi, dosen teknik FT UNP sebagai ahli media, serta peserta didik kelas XII SMAN 1 Lubuk Alung tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validitas dan lembar angket one to one evaluation. Hasil pengolahan data percobaan uji validitas menggunakan formula aiken’s V menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan penuntun pada materi korosi yang dikembangkan telah valid untuk masing-masing itemnya pada komponen konten, komponen konstruk, serta komponen media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran PowerPoint-iSpring, pertanyaan penuntun, tiga level representasi, kimia, korosi.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:13
Last Modified: 15 Sep 2022 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39689

Actions (login required)

View Item View Item