Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Kelas XI SMA

Utami, Fanny Putri (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_FANNY_PUTRI_UTAMI_17035091_2495_2022.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk aktif, produktif dan inovatif ketika proses pembelajaran di sekolah sehingga untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memerlukan model pembelajaran dalam pengembangannya. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul titrasi asam basa berbasis discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research dan Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model plomp yang memiliki 3 tahap pengembangan yaitu Preliminary Research, development or prototyping phase dan assessment phase. Penelitian ini dibatasi sampai tingkat validitas dan praktikalitas dari E�Modul yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan ada penelitian ini adalah angket validitas dan praktikalitas. Subjek penelitian ini adalah 3 dosen kimia UNP, 3 guru kimia dan 18 siswa kelas XI di SMAN 14 Padang. data yang diperoleh dari uji validitas dianalisis menggunakan Aikens V dan praktikalitas dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Rata-rata hasil analisis validitas konten yang didapatkan adalah sebesar 0,82 dengan kategori valid, rata-rata hasil analisis data validitas konstruk yang didapatkan adalah sebesar 0,85 dengan kategori valid dan rata-rata hasil analisis data validitas media adalah sebesar 0,94 dengan kategori valid. Rata-rata hasil analisis data praktikalitas oleh guru adalah 84% dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Rata-rata hasil analisis data praktikalitas oleh siswa pada uji small group adalah sebesar 86% dengan kategori kepraktisan sangat tinggi dan rata-rata hasil analisis data pada uji field test adalah sebesar 88% dengan dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan uji efektivitas dari E-Modul titrasi asam basa berbasis dicovery learning ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:42
Last Modified: 13 Sep 2022 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39643

Actions (login required)

View Item View Item