Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mengatasi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kec. Pangkalan Koto Baru

Kurniati, Riska (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mengatasi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kec. Pangkalan Koto Baru. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
A_01_RISKA_KURNIATI_17029043_327_2022.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dan mendeskripsikan bagaimana dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kesalahan tersebut. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan menurut tahapan Kastolan yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan teknik. Jenis penelitian ini adalah pra-experiment (pra-eksperimen) dan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu membandingkan data hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMPN 3 Kec. Pangkalan Koto Baru tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 orang. Kemudian dipilih enam orang subjek penelitian untuk di wawancarai. Subjek penelitian di ambil dari tiga kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing kelompok tersebut diambil dua orang sebagai perwakilan yang diwawancarai. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian melakukan (a) kesalahan konseptual berupa peserta didik tidak dapat memilih rumus dan tidak dapat menerapkan rumus tersebut dengan benar. Persentase kesalahan sebesar 60,78% ,(b) kesalahan prosedural berupa peserta didik tidak dapat menyelesaikan soal sampai pada bentuk paling sederhana sehingga perlu dilakukan langkah-langkah lanjutan, dan ketidaksesuaian langkah penyelesaian soal yang diperintahkan dengan langkah-langkah penyelesaian yang dilakukan peserta didik. Persentase kesalahan sebesar 23,53% ,(c) kesalahan teknik berupa peserta didik melakukan kesalahan dalam penulisan dan perhitungan dengan persentase kesalahan sebesar 15,69 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan peserta didik, Analisis Kesalahan Menurut Kastolan, Model Kooperatif tipe NHT.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:01
Last Modified: 13 Sep 2022 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39612

Actions (login required)

View Item View Item