Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang

Kurniawan, Alwan (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ALWAN_KURNIAWAN_15029001_3290_2022.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dan diperlukan pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar. Namun kenyataannya proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang masih belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran matematika kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang masih terpusat pada guru. Selain itu, aktivitas belajar siswa masih belum terlihat dalam pembelajaran. Salah satu solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental tipe one shoot case study. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi kegiatan aktivitas siswa. Dari analisis data disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa di kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share cenderung mengalami fluktuasi pada setiap pertemuannya namun hasil belajar matematika siswa di kelas XI MAS KUI Thawalib Putra Padang Panjang yang belajar dengan penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share cenderung mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:48
Last Modified: 08 Sep 2022 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39540

Actions (login required)

View Item View Item