Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman

Wahda, Aisya Wina (2022) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AISYA_WINA_WAHDA_17029082_3201_2022.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan-kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan analisis kesalahan Newman. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan yang terdapat pada indikator kesalahan Newman yang meliputi kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 28 orang peserta didik kelas VIII 5. Analisis kesalahan dilakukan dengan mengumpulkan data melalui hasil tes soal pythagoras dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik cenderung melakukan kesalahan dalam menjawab soal matematika tentang Teorema Pythagoras yaitu: (a) kesalahan membaca meliputi kesalahan dalam membaca informasi yang penting dalam soal tersebut dengan tingkat persentase kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah 18,4%; (b) kesalahan memahami soal yaitu tidak menjelaskan apa yang diketahui dan ditanya sesuai dengan permintaan soal dengan tingkat persentase kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah 19,02% ; (c) kesalahan transformasi soal yaitu tidak dapat menentukan strategi/rumus yang tepat untuk digunakan dalam menyelesaikan soal dengan tingkat persentase kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah 22,09% ; (d) kesalahan keterampilan proses yaitu tidak melakukan operasi perhitungan, melakukan perhitungan tetapi hasil salah dengan tingkat persentase kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah 19,02% ; (e) kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu tidak menuliskan jawaban akhir, tidak menuliskan satuan dengan tingkat persentase kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah 21,47%. Faktor internal penyebab peserta didik melakukan kesalahan diantaranya minat/motivasi belajar, kebiasaan belajar, kemampuan pesera didik, ketilitian dalam mengerjalan soal dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal penyebab peserta didik yaitu proses pembejalaran di kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:33
Last Modified: 08 Sep 2022 02:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39515

Actions (login required)

View Item View Item