Implementasi Pedidikan Karakter di SMP Negeri 1 Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam Skripsi.Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam

Restari, Yopie Andi (2022) Implementasi Pedidikan Karakter di SMP Negeri 1 Palupuh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam Skripsi.Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YOPIE_ANDI_RESTARI_17329051_1596_2022.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini berangkat dari pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah yang kurang efektif, disebabkan karena kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kegiatan proses pendidikan dilakukan secara terbatas. Sehingga guru tidak bisa memantau kegiatan yang dilakukan peserta didik selama proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Dalam hal ini tujuan pendidikan nasional tidak berjalan dengan semestinya. Merujuk pada latar belakang masalah tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Palupuh. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah menggambarkan suatu gejala yang terjadi secara fakta dan kenyataan di lokasi penelitian, menjumpai masalah secara menyeluruh dan konteks sosial secara ilmiah dengan mengutamakan proses hubungan komunikasi yang intensif antara peneliti dengan keadaan yang terjadi dilapangan. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu kepala sekolah SMP Negeri1 Palupuh, guru PAI SMP Negeri 1 Palupuh, waka kurikulum SMP Negeri 1 Palupuh. Data sekunder hasil observasi dan dokumentasi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendidikan karakter dalam program pengembangan diri di SMP Negeri 1 Palupuh meliputi kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladan, pengkondisian. Selanjutnya implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Palupuh meliputi penanaman karakter religius, penanaman karakter disiplin, penanaman karakter tanggung jawab, penanaman karakter mandiri, dan penanaman karakter kerja keras. kemudian adanya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Palupuh yaitu dalam faktor pendukungnya dalam pelaksanaan pendidikan karakter didukung oleh sarana dan prasarana kelas yang baik dan bagus maka minat belajar peserta didik, suasana kelas, kebersihan kelas serta adanya tata tertib sekolah, banyaknya pembiasaan dalam perhatian guru kepada akhlak peserta didik di sekolah dan sebagai guru tentu jelas harus memberikan keteladanan yang baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu latar belakang anak-anak sendiri atau keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:47
Last Modified: 07 Sep 2022 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39460

Actions (login required)

View Item View Item