Pelaksanaan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Era Globalisasi di SD Negeri 161/II Bukit Sari

Sumarsih, Tri (2022) Pelaksanaan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Era Globalisasi di SD Negeri 161/II Bukit Sari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_TRI_SUMARSIH_17329206_1476_2022.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alasan guru pendidikan agama Islam masih menggunakan metode ceramah padahal Kurikulum 13 menuntut untuk menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, melihat pelaksanaan metode ceramah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, serta apa keunggulan dan kelebihan metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 161/II Bukit Sari. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus (case study). Sumber data diambil melalui wawancara dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Untuk memperkuat data penelitian peneliti juga mengambil data melalui observasi dan dokumentasi. Seluruh data wawancara dianalis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan. Teknik pengabsahan data atau pemeriksaan data dilakukan peneliti menggunakan triangulasi sumber yakni dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada 6 alasan guru PAI menggunakan metode ceramah yaitu efektif dan mudah untuk diterapkan, penggunaan metode ceramah selalu dikombinasikan dengan metode lainya. Selama proses belajar berlangsung kondisi kelas kondusif, fasilitas yang disediakan di sekolah cukup memadai akan tetapi jika di terapkan metode yang berbasis pada siswa belum bisa berjalan dengan baik karena media dan alat bantu lainya belum cukup memadai, siswa merasa senang dan mudah memahami materi dan perilaku serta respon siswa selama proses pembelajaran baik. Kedua, pelaksanaan metode ceramah dilakukan melalui 3 tahap yaitu pendahuluan (salam pembuka, mencek daftar hadir siswa, mengulang kembali pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan materi pembelajaran serta memberi motivasi siswa). Kegiatan inti (siswa membaca materi, menyampaikan materi pembelajaran, menanggapi respon siswa dan menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa). Penutup (menyimpulkan pembelajaran, memberi tugas/PR, dan salam penutup). Ketiga, keunggulan metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 161/II Bukit Sari yaitu siswa aktif dan merasa senang, siswa mudah memahami materi yang dijelaskan, metode ceramah ini bisa diterapkan untuk murid yang berjumlah banyak, serta dengan mudah mengawasi siswa dan mengkondisikan suasana kelas. Kekurangan metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 161/II Bukit Sari yaitu kurangnya fokus siswa ketika jam pelajaran siang dan masih terdapat beberapa siswa yang berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:14
Last Modified: 06 Sep 2022 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39430

Actions (login required)

View Item View Item