Pengembangan Multimedia Powerpoint Menggunakan Foto dan Video Untuk Pembelajaran Sejarah SMA Kelas XI pada Materi Menganalisis Sifat Pendudukan Jepang dan Respon Bangsa Indonesia.

Suplianto, Suplianto (2022) Pengembangan Multimedia Powerpoint Menggunakan Foto dan Video Untuk Pembelajaran Sejarah SMA Kelas XI pada Materi Menganalisis Sifat Pendudukan Jepang dan Respon Bangsa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SUPLIANTO_16046140_1866_2022.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupkan penelitian pengembangan multimedia PowerPoint menggunakan foto dan video pada mata pelajaran sejarah di SMA N 4 Solok. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik menganalisis peristiwa sejarah pada materi menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia. Model pengembangan multimedia PowerPoint menggunakan model ADDIE. Sesuai dengan kependekan ADDIE, yaitu Analysis (menganalisis), Design (merancang), Development (mengembangkan), Implementation (mengimplementasikan), dan Evaluation (mengevaluasi). Karena keterbatasan waktu dan adanya dampak virus corona/covid-19 penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Tahap analysis itu menganalisis kebutuhan, materi sesuai kurikulum dan analisis peserta didik, untuk tahap design itu melakukan persipan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk diinput pada tahap development dan pada tahap development bahan-bahan di input sesuai dengan langkah-langkah pembuatan multimedia PowerPoint, setelah di kembangan dilakukan uji validasi. Uji validasi dilakukan oleh dua orang validator, yaitu ahli materi dan media. Uji validasi ini untuk melihat tingkat kelayakan multimedia PowerPoint tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui uji validasi, bahwa multimedia PowerPoint menggunakan foto dan video baik secara materi dan media dikatakan sangat layak yang mana mendapatkan skor rata-rata untuk materi 3,75 dengan 94%, sedangkan media mendapatkan skor rata-rata 3,76 dengan 94%. Hanya saja penelitian ini dilakukan sampai tahap pengembangan, dikarenakan keterbatasan waktu dan adanya dampak virus corona/covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:12
Last Modified: 06 Sep 2022 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39422

Actions (login required)

View Item View Item