Analisis Kemampuan dan Kesulitan Mahasiswa Semester Tiga dalam Menulis Esai Argumentatif pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang.

Tanjung, Nikmah Hayati (2022) Analisis Kemampuan dan Kesulitan Mahasiswa Semester Tiga dalam Menulis Esai Argumentatif pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NIKMAH_HAYATI_TANJUNG_19178027_2136_2022.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Menulis memiliki pengaruh yang signifikan dalam menentukan kemampuan dan kuantitas siswa dalam kegiatan akademik dalam pembelajaran bahasa di sekolah atau perguruan tinggi. Salah satu esai yang ditampilkan dalam penulisan akademik bahasa Inggris adalah esai argumentatif. Menulis esai argumentatif mengarahkan siswa untuk mengeksplorasi pendapat atau argumen mereka untuk meyakinkan pembaca. Namun demikian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam menulis esai argumentatif. Pertama, siswa menghadapi tantangan yang mengacu pada pengembangan dan pengorganisasian ide. Kedua, para siswa mengalami kesulitan dalam memaparkanbukti yang kuat dalam tulisan mereka. Oleh karena itu, mereka masih belum bisa menulis esai argumentatif dengan jelas dan meyakinkan. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan cara mengatasi kesulitan siswa dalam menulis esai argumentatif. Data diambil dari tes akhir siswa menulis esai, angket, dan wawancara. Peneliti menganalisis tes akhir menulis esai 25 mahasiswa dengan menggunakan teori yang diadaptasidari Savage and Mayer (2006)danReinking dan Osten (2017), menyebarkan angket, dan mewawancarai 15 mahasiswa semester tiga Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Negeri Padang. Mereka dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulisesaiargumentasi siswa tergolong sedang, dengan nilai rata-rata 68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua siswa telah mengikuti struktur esai argumentasi yang terdiri dari pendahuluan, tubuh, dan kesimpulan meskipun siswa masih menemui beberapa kesulitan dalam menyelesaikan menulis esai argumentatif. Dengan demikian, siswa dituntut untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya dalam menulis esaiargumentasi dengan benar dan meyakinkan; (2) Rata-rata kesulitan siswa dalam menulisesaiargumentasi adalah 2,4. Berdasarkan tingkat skor Burn, dapat dikatakan bahwa siswa diinterpretasikan masih menghadapi kesulitan dalam menulis esai argumentatif. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis esai argumentatif adalah menyatakan bukti dengan benar dan kurangnya informasi terkait dengan masalah yang dibahas. Dengan demikian, mereka sulit mengembangkan argumen untuk memperkuat sudut pandang mereka. Para siswa juga kesulitan dalam menyatakan sudut pandang yang jelas dan tegas dan menyajikan solusi atau rekomendasi terkait dengan topik yang dibahas dalam kesimpulan. (3) Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menulis karangan argumentasi, siswa sering menerapkan membaca dan menggunakan sumber ilmiah, proses menulis, dan membuat kerangka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESULITAN BELAJAR, MENULIS, ESAI ARGUMENTATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:23
Last Modified: 05 Sep 2022 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item