Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Materi Permainan Alat Musik Sederhana dengan Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas VII SMP Negeri 15 Padang

Johana, Putri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Seni Budaya Materi Permainan Alat Musik Sederhana dengan Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_PUTRI_JOHANA_20161016_436_2022.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran seni budaya materi permainan alat musik sederhana dengan menggunakan animasi powtoon yang valid, praktis, dan efektif. Hal ini dilatarbelakangi karena pembelajaran seni budaya materi permainan alat musik sederhana sebelumnya menggunakan aplikasi kinemaster dan video yang dibuat terbilang sederhana sehingga yang menyebabkan siswa menjadi monoton dan hasil belajar siswa menjadi menurun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Pada tahap pendefinisian, dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan, dilakukan perancangan terhadap media pembelajaran, berupa tayangan video, gambar, ilustrasi musik dan panduan memainkan alat musik sederhana dengan baik dan benar. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Pada tahap penyebaran dilakukan uji validitas, pengemasan, difusi dan adopsi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan media animasi powtoon yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 97,39%. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan media animasi powtoon yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase 95% pada praktikalitas guru dan 92,77% pada praktikalitas siswa. Berdasarkan hasil efektivitas, dinyatakan bahwa media pembelajaran menggunakan media animasi powtoon efektif digunakan dengan persentase 90,13% pada aktivitas belajar siswa dan 89,05% pada hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, ANIMASI POWTOON
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Sep 2022 01:38
Last Modified: 02 Sep 2022 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39394

Actions (login required)

View Item View Item