Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Payakumbuh

Sari, Nia Puspita (2022) Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NIA_PUSPITA_SARI_17329080_1429_2022.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini berangkat dari masalah kurangnya motivasi belajar siswa, disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu proses pembelajaran hanya satu arah yaitu hanya berasal dari guru, catatan yang sangat monoton. Merujuk dari latar belakang masalah tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Mind Mapping, kondisi motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh Mind Mapping terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Payakumbuh. Jenis penelitian ini kuantitatif. Sedangkan metode penelitian ini adalah eksperimen dengan Design Pre EksperimenOne- Group Pretest- Postest Design. Hasil penelitian ini menyatakan hasil observasi kegiatan guru pada pertemuan pertama adalah 96, 92%, dan hasil observasi kegiatan guru pada pertemuan kedua adalah sebesar 98, 46%. Kondisi rata-rata motivasi belajar siswa sebelum diberikan perlakuan yaitu 50, 26 dan motivasi siswa sesudah diberikan perlakuan adalah 55, 21. Diketahui nilai uji T Hitung 2,581> t tabel 2,093 dan nilai signifikansi 0,019, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Payakumbuh yaitu sebesar 0,282 atau 28,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MIND MAPPING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:07
Last Modified: 31 Aug 2022 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39383

Actions (login required)

View Item View Item