Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh.

Fah, Siti Ari (2022) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SITI_ARI_FAH_18016043_2961_2022.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh sebelum menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh sesudah menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 349 orang yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan teknik mind mapping dan sesudah menggunakan teknik mind mapping. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik mind mapping. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan teknik mind mapping siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,81. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan teknik mind mapping siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 87,38. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis penelitian H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (9,72 >1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Payakumbuh sesudah menggunakan teknik mind mapping lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik mind mapping. Dengan demikian, teknik mind mapping dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MENULIS, TEKS EKSPLANASI, TEKNIK MIND MAPPING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:08
Last Modified: 25 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39345

Actions (login required)

View Item View Item