Pengembangan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang

Zahara, Leni (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_LENI_ZAHARA_14169052_5889_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan 1 ). Bagaimana Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang dalam memanfaatkan program pendidikan wajib kewirausahaan sebagai media dalam kegiatan berwirausaha.2). Bagaimana desain pengembangan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran kewirausahaan (entrepreneurship) untuk meningkatkan kemampuan jiwa wirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang. 3) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan perbaikan nilai jiwa wirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang. 4) Bagaimana sintak dari pengembangan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran kewirausahaan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang. Penelitian mt menggunakan pengembangan model research and development (R & D,) pengembangan model desain ADDIE. Model pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan model pembelajaran direct instruction (pembelajaran langsung). Sampel pada penelitian ini berjumlah 106 siswa SMK Pertanian Pembangunan Negeri Padang yang terdiri dari kelas X.1.1, X.1.2, X.2.1, dan X.2.2. dengan menggunakan purposive sampling. Uji Pratikalitas model melalui persepsi guru dan siswa yang diukur dengan angket.Uji keefektifan model pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan melalui pembelajaran langsung (direct instruction) menggunakan tes kinerja (performance test) dengan membandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kewirausahaan secara langsung (direct instruction). Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran direct instruction sudah layak digunakan setelah dinilai valid, praktis dan efektif berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.Hasil Pengembangan model yang terdiri dari buku materi pengayaan kewirausahaan, Aiken's V 0.90 dengan kategori valid. Hasil Pengembangan model pembelajaran direct instuction dinyatakan efektif setelah dilakukan uji efektifitas dengan melihat aspek keaktifan, sikap dan hasil belajar siswa Penerapan model direct instuction dengan nilai p-value = 0.000 < 0.05. Menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar, kelas kontrol dan kelas eksperimen.Pada kelas kontrol diperoleh hasil belajar siswa maksimal dengan nilai 83 dan nilai minimal 45, dengan nilai rata-rata 72,06. Sedangkan kelas eksperimen didapatkan nilai hasil belajar siswa tertinggi pada angka 92 dan nilai minimal hasil belajar pada angka 75, dengan pencapaian nilai rata-rata hasil belajar sebesar 83,64. Guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian Pembangunan Negeri Padang mempunyai persepsi yang positif terhadap model pembelajaran direct instruction yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:07
Last Modified: 25 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39344

Actions (login required)

View Item View Item