Motivasi Mahasiswa Memilih Prodi Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus BP 18)

Herman, Muhammad Fadhli (2022) Motivasi Mahasiswa Memilih Prodi Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus BP 18). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUHAMMAD_FADHLI_HERMAN_18329197_2022.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Padang terus berkembang dan memiliki peminat yang terus meningkat setiap tahun. Prodi Pendidikan Agama Islam masuk ke dalam kategori 20 Prodi yang paling diminati dan kompetetitif di Universitas Negeri Padang. Berdasarkan observasi bahwa mahasiswa Prodi PAI BP 18 sepertinya memiliki motivasi yang tinggi dalam perkuliahan. Hal ini dapat dilihat melalui IPK yang didapatkan di atas 3,0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik mahasiswa memilih Prodi PAI di UNP. Penelitin ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif melalui kuesioner yang dibagikan kepada 116 orang sampel. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling, data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa motivasi intrinsik yaitu sebagai berikut: motivasi pertumbuhan yaitu merasa berkembang jika mengambil jurusan PAI dengan skala interval 4,83 (sangat setuju); motivasi aktualisasi diri yaitu ingin menggali lebih dalam ilmu agama dengan skala interval 4,81 (sangat setuju), ingin menjadi lebih taat pada tuhan dengan skala interval 4,92 (sangat setuju); motivasi kekuatan yaitu ingin menjadi ustad/ulama, dan ingin menjadi guru agama dengan skala interval 3,79 (setuju). Sedangkan motivasi ekstrinsik yaitu sebagai berikut : motivasi fisiologis yaitu ingin difasilitasi uang harian oleh orang tua dengan skala interval 3,43 (setuju), ingin difasilitasi kendaraan (mobil/motor) dengan skala interval 3,50 (setuju), ingin difasilitasi smartphone dan pulsa oleh orang tua dengan skala interval 3,51 (setuju); motivasi rasa aman yaitu ingin mendapatkan status sebagai mahasiswa dengan skala interval 4,02 (setuju); motivasi hubungan sosial yaitu ingin berteman dengan orang-orang yang ahli agama dengan skala interval 4,69 (sangat setuju); motivasi keberadaan yaitu keluarga yang berlatar belakang pendidikan agama dengan skala interval 3,52 (setuju); motivasi prestasi/penghargaan yaitu ingin berprestasi dalam bidang agama dengan skala interval 4,70 (sangat setuju); visi,misi, dan tujuan prodi yang jelas dengan skala interval 4,60 (sangat setuju), kurikulum prodi yang baik dengan skala interval 4,45 (sangat setuju), pelayanan yang baik dengan skala interval 4,28 (sangat setuju), sarana dan prasarana yang lengkap dengan skala interval 4,38 (sangat setuju), Ingin menjadi mahasiswa UNP dengan skala interval 4,29 (sangat setuju), prodi PAI adalah pilihan utama dengan skala interval 3,85 (setuju), akreditasi UNP A dengan skala interval 4,59 (sangat setuju); motivasi imbalan yaitu cocok dengan pekerjaan impian saya dengan skala interval 4,29 (sangat setuju). Dengan melakukan penelitian ini diharapkan Prodi PAI UNP khususnya dapat meningkatkan jumlah minat mahasiswa tahun masuk baru untuk bergabung kedalam Prodi PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:56
Last Modified: 24 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39306

Actions (login required)

View Item View Item