Persepsi Siswa tentang Strategi Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Rakit Kulim pada Masa Pandemi Covid19 di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau

Gustiana, Melta (2022) Persepsi Siswa tentang Strategi Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Rakit Kulim pada Masa Pandemi Covid19 di Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MELTA_GUSTIANA_17045015_3244_2022.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Bagaimana persepsi siswa tentang strategi belajar menghafal geografi di SMAN 1 Rakit Kulim pada masa pandemi covid-19 ? (2) Bagaimanapersepsi siswa tentang strategi belajar elaborasi geografi di SMAN 1 Rakit Kulim pada masa pandemi covid-19 ? (3) Bagaimanapersepsi siswa tentang strategi belajar pengaturan (organizing strategies) geografi di SMAN 1 Rakit Kulim pada masa pandemi covid-19 ? (4) Bagaimanapersepsi siswa tentang strategi belajar metakognitif geografi di SMAN 1 Rakit Kulim pada masa pandemi covid-19 ? (5) Bagaimanapersepsi siswa tentang strategi belajar afektif geografi di SMAN 1 Rakit Kulim pada masa pandemi covid-19 ? (6) Strategi belajar apa yang tepat diterapkan oleh siswapada masa pandemi covid19 di SMA Negeri 1 Rakit Kulim? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang ada di SMA Negeri 1 Rakit Kulim. Penentuan sampel menggunakan total sampling. Sumber data penelitian ini berasal langsung dari siswa kela XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategibelajar dengan cara menghafal kurang efektif dilakukan di SMAN 1 Rakit Kulim sebesar 50% atau 13 siswa menyatakan kurang efektif, (2) Strategibelajar dengan cara elaborasi kurang efektif dilakukan di SMAN 1 Rakit Kulim sebesar 42% atau 11 siswa menyatakan kurang efektif, (3) Strategi belajar dengan cara pengaturan efektif dilakukan di SMAN 1 Rakit Kulim sebesar 73% atau 19 siswa menyataka efektif, (4) Strategi belajar dengan cara metakognitif efektif dilakukan di SMAN 1 Rakit Kulim sebesar 50% atau 13 siswa menyatakan efektif, (5) Strategi belajar dengan cara strategi afektif kurang efektif dilakukan di SMAN 1 Rakit Kulim sebesar 50% atau 13siswa menyatakan kurang efektif, (6) Strategi yang tepat diterapkan oleh siswa dalam melakukan pembelajaran geografi di SMAN 1 Rakit Kulim yaitu strategi pengaturan dengan persentase 44%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:14
Last Modified: 24 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39301

Actions (login required)

View Item View Item