Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Alquran Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam

Mulia, Annisya (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Alquran Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ANNISYA_MULIA_17329004_275_2022.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pembelajaran Al-Qur‟an di kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam yang belum optimal, hal ini disebabkan oleh Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an yang belum tepat. Atas dasar ini, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an di kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam. Penelitian ini bertujuan untuk faktor penyebab kesulitan membaca Al�Qur‟an yang terdiri faktor pendukung dan penghambat kesulitan membaca Al�Qur‟an serta strategi guru PAI dalam mengatasi membaca Al-Qur‟an. Jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode penelitiannya adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Faktor penyebab kesulitan membacaAl-Qur‟an di kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam itu terbagi menjadi 2 faktor yakni, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tidak menyukai belajar membaca Alquran, tidak ada semangat dan motivasi dalam membaca Alquran, malas, lidah yang kaku dalam mengucapkan bacaan Alquran, terbata�bata dalam membaca Alquran, belum hafal harakat, kurangnya menguasai kaidah ilmu tajwid, tidak hafal harakat panjang dan pendek, tidak hafalnya huruf hijaiyah, kesulitan membedakan huruf hijaiyah, kesulitan dalam makhraj quran dan kesulitan membedakan panjang dan pendek, terbata-bata dan ragu-ragu dalam membaca Alquran, tidak percaya diri dalam membaca Alquran karena takut salah serta lambat dalam menangkap pelajaran, kurangnya kesadaran peserta didik dalam membaca Alquran. Faktor eksternal adalah pendidikan dalam keluarga, pergaulan teman sebaya, kegiatan mengaji di TPA, terbatasnya alat digital yang dimiliki peserta didiik, dan waktu yang tidak kondusif. Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Alquran di kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam adalah : membaca Ayat terlebih dahulu dan peserta didik mengikutinya, membetulkan bacaan peserta didik yang salah dalam pengucapan huruf. Guru memberikan motivasi dan pemahaman kepada peserta didik bahwa membaca Alquran itu wajib setiap muslim, guru bekerja sama dengan orang tua untuk mengingatkan peserta didik untuk membaca Alquran dirumah, dan guru menggunakan strategi menjelaskan secara langsung, guru menggunakan 2 strategi yang berbeda yakni strategi tidak langsung dan ekspositori

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:01
Last Modified: 19 Aug 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39218

Actions (login required)

View Item View Item