Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Edmodo dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Geografi di Kelas X IPS 4 SMAN 4 Kerinci Kabupaten Kerinci

Alzikri, R. Flourenta (2021) Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Edmodo dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Geografi di Kelas X IPS 4 SMAN 4 Kerinci Kabupaten Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_R_FLOURENTA_ALZIKRI_19198012_1134_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan dalam suatu proses pembelajaran sangat mempengaruhi minat, semangat dan kreativitas siswa dalam belajar. Bagi dunia pendidikan, dengan adanya model-model pembelajaran yang barn bagi siswa itu sangat berguna seperti untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Keadaan seperti ini menuntut seorang pendidik untuk menguasai berbagai macam metode pembelajaran yang lebih baik. Perkembangan teknologi pun dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, salah satunya yaitu Edmodo. Melalui Edmodo peserta didik dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai masalah melalui pemerolehan dan proses informasi yang dikumpulkan dari web. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar geografi melalui model pembelajaran Facilitator and Explaining Berbantuan Edmodo di Kelas X IPS 4 SMAN 4 Kerinci Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Clasroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa Kelas X IPS 4 SMAN 4 Kerinci Kabupaten Kerinci yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpul data berupa test hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan rata-rata. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian yang menunjukkan rata-rata kreativitas siswa pada siklus I pada pertemuan I dan II adalah 60,69% rata-rata pada siklus II pada pertemuan I dan II adalah 74,3%. jumlah rata-rata presentase kreativitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata 58,1% meningkat pada pertemuan kedua dengan rata- rata 63,33%, mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 70,83% meningkat pada pertemuan kedua dengan rata-rata 77,77%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan ketuntasan dari 30 peserta didik ada 18 siswa dengan rata-rata ketuntasan 60%, dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II dengan jumlah peserta didik yang tuntas berjumlah 26 siswa dengan rata-rata ketuntasan 86,67%. Sehingga adanya keterkaitan antara peningkatan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Facilitator and Explaining Berbantuan Edmodo di Kelas X IPS 4 SMAN 4 Kerinci Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:15
Last Modified: 18 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39212

Actions (login required)

View Item View Item