Pengembangan Modul Praktik Randai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Tari Jurusan Sendratasik

Yusuf, Hendri (2021) Pengembangan Modul Praktik Randai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Tari Jurusan Sendratasik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_HENDRI_YUSUF_15167015_1087_2021.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Randai merupakan miniatur seni pertunjukan tradisional Minangkabau yang memiliki unsur lengkap seni pertunjukan tradisional. Sebagai miniatur lengkap seni pertunjukan Minangkabau, dalam pertunjukan randai terdapat unsur seni sastra berupa aksara yang berisi dialog-dialog yang diungkapkan dalam bahasa dan sastra Minangkabau, seni musik yang diekspresikan dengan nyanyian nyanyian atau nyanyian klasik Minangkabau saluang, seni gerak atau tari yang diekspresikan melalui gerak pasambahan, gerak galombang legaran randai yang bersumber dari gerak dasar pencak silat corak Minangkabau, dan seni teater yang diungkapkan oleh. Selain unsur utama seni pertunjukan randai, terdapat pula seni rupa sebagai unsur pendukung kesempumaan pertunjukan randai. Gerakan merupakan elemen terpenting dalam melaksanakan pertunjukan randai. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kesenian daerah terakomodir sebagai bagian yang dipelajari di pusat-pusat pendidikan formal, seperti SD, SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi di Sumatera Barat. Sebagai seni yang dipelajari dalam pendidikan formal tentunya perlu disediakan media tertulis berupa tutorial untuk membantu atau sebagai pendamping dalam mempelajari teknik-teknik gerak cerdik di perguruan tinggi dan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:34
Last Modified: 18 Aug 2022 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39209

Actions (login required)

View Item View Item