Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 53 Kampung Jambak Koto Tangah Kota Padang

Ardiman, Aisyah (2022) Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 53 Kampung Jambak Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AISYAH_ARDIMAN_17329144_2106_2022.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam proses belajar-mengajar melalui penilaian yang berdasarkan aspek penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal berikut: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) untuk mendeskripsikan pengolahan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif (field research) yaitu dengan melihat atau kondisi yang ada di lapangan. Untuk memudahkan penelitian ini, maka menggunakan sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif yaitu menggunakan tiga tahapan seperti reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian tentang implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam. Teknik dan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam yaitu a.) aspek sikap, menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan penilaian jurnal. b.) aspek pengetahuan, menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. c.) aspek keterampilan, menggunakan teknik tes praktik, penilaian proyek, unjuk kerja dan penilaian portofolio. Hasil penelitian pada peserta didik dengan penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan penilaian autentik sudah baik dan sudah cukup maksimal sesuai dengan rencana Pembelajaran pendidikan (RPP)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:07
Last Modified: 16 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39195

Actions (login required)

View Item View Item