Kritik Sosial dalam Naskah Drama Dua Senja Karya S. Metron Masdison dan West Side Story Karya Arthur Laurents" Naskah Drama

Husin, Widya (2021) Kritik Sosial dalam Naskah Drama Dua Senja Karya S. Metron Masdison dan West Side Story Karya Arthur Laurents" Naskah Drama. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_WIDYA_HUSIN_19174033_2233_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kritik sosial dalam naskah drama Dua Senja karya S Metron Masdison dan West Side Story Karya Arthur Laurents. Pembahasannya di dalamnya terkait dengan penelitian kritik sosial, Objek penelitian ini adalah naskah drama Dua Senja karya s. Metron masdison dan West Side Story Karya Arthur Laurents. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi. Dalam penelitian ini menggunakan kajian sosiologi sastra dengan fokus teori yaitu kritik sosial. Sumber data pada penelitian ini adalah naskah drama Dua Senja karya s. Metron masdison dan West Side Story Karya Arthur Laurents. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik baca dan catat. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam naskah drama Dua Senja karya s. Metron masdison dan West Side Story Karya Arthur Laurents adalah sebagai berikut Pada naskah drama Dua Senja ditemukan 20 data tentang permasalahan kritiksosial yaitu masalah kejahatan (12 data), kritik masalah disorganisasi keluarga (3 data), kritik permasalahan kekerasan (2 data) dan kritik masalah remaja (5 data). Sedangkan pada naskah drama West Side Story Karya Arthur Laurents di temukan 49 data tentang permasalahan sosial yang dikritik diantaranya; kritik permasalahan kejahatan (5 data), kritik masalah disorganisasi keluarga (1 data), kritik masalah remaja (28 data) dan kritik masalah peperangan (5 data), kritik masalah kependudukan (8 data) dan kritik masalah gender2data).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:54
Last Modified: 15 Aug 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39145

Actions (login required)

View Item View Item