Pengembangan Modul Elektronik Teks Eksplanasi dilengkapi Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kuantan Mudik

Permana, Tiara Dwi (2021) Pengembangan Modul Elektronik Teks Eksplanasi dilengkapi Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kuantan Mudik. Masters thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_TIARA_DWI_PERMANA_19174043_2236_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul elektronik ini dijadikan sebagai salah satu altematif untuk mengatasi permasalahan sulitnya guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa di karenakan keadaan corona saat ini. Penelitian ini mendeskripsikan proses pengembangan modul elektronik menulis teks eksplanasi dilengkapi model pembelajaran Discovery Learning yang valid (dilihat dari segi isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan), praktis (dilihat dari segi penyajian, kemudahan dalam penggunaan, keterbacaan, dan kesesuaian dengan waktu), dan efektif (dilihat dari aktivitas, sikap, dan hasil belajar siswa) yang digunakan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kuantan Mudik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengenai teks eksplanasi, Discovery Learning, dan modul elektronik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang meliputi 4 tahap pengembangan yaitu tahap definisi, tahap rancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Kuantan Mudik yang berjumlah 33 orang. Data penelitian terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui pengisian angket validasi modul dan lembar observasi sikap siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes pengetahuan, dan tes unjuk kerja. Hasil dari penelitian pengggunaan modul elektronik ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan modul cetak. Hal itu dibuktikan dari hasil validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Validitas modul elektronik oleh pakar yaitu 97% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas modul elektronik oleh guru yaitu 97,22% dan siswa yaitu 96,75% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas modul elektronik berdasarkan aktivitas belajar sebesar 99,25% dinilai sangat efektif, aspek sikap sebesar 95,83% dengan predikat A dan berkategori sangat efektif, dan efektifitas modul elektronik berdasarkan hasil belajar siswa (kognitif) sebesar 85,15% dan (psikomotor) sebesar 85,06%. Jadi, dapat disimpulkan modul elektronik terbukti valid, praktis, dan efektif untuk dijadikan salah satu sumber belajar bagi siswa, dengan adanya modul elektronik ini membuat siswa lebih mudah dalam membuat teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:52
Last Modified: 15 Aug 2022 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39138

Actions (login required)

View Item View Item