Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect) dan Motivasi Membaca terhadap Pemahaman Membaca di SMA Muhammadiyah 3 Padang

Rahmadia, Prima (2021) Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect) dan Motivasi Membaca terhadap Pemahaman Membaca di SMA Muhammadiyah 3 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_PRIMA_RAHMADIA_18178021_5883_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi PQ4R digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca dan membantu proses pembelajaran di kelas. Strategi PQ4R dapat mengaktifkan pengetahuan awal siswa kemudian menghubungkan antara informasi barn dengan informasi yang telah diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh strategi PQ4R terhadap motivasi membaca siswa dan pemahaman membaca siswa di SMA Muhammadiyah 3 Padang. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan rancangan factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Muhammadiyah 3 Padang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari empat kelas (116 siswa). Sampel penelitian inimenggunakan teknik kluster acak. Terpilih sebagai sampel kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah angket motivasi membaca dan tes pemahaman membaca. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Strategi PQ4R memberikan efek yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa (2) Strategi PQ4R memberikan efek yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswadengan motivasi tinggi (3)Strategi PQ4R memberikan efek yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswadengan motivasi rendah (4)Tidak ditemukan adanya interaksi antara Strategi PQ4R terhadapmotivasi membaca danpemahaman membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa strategi PQ4R memberikan efek yang signifikan terhadap pemahaman membaca. Akan tetapi, tidak ada perbedaan rerata yang bermakna antara metode pengajaran dan motivasi membaca terhadap pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:07
Last Modified: 15 Aug 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39131

Actions (login required)

View Item View Item