Meningkatkan Kemampuan Siaga Bencana Gempa dan Tsunami melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelelectually) pada Anak Tunagrahita Ringan

Nurwidia, Nurwidia (2022) Meningkatkan Kemampuan Siaga Bencana Gempa dan Tsunami melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelelectually) pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NURWIDIA_18003191_3126_2022.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Laggai Tua Pejat kelas VII C. Terdapat dua orang siswa mengalami masalah dalam kemampuan siaga bencana gempa dan tsunami. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran siaga bencana gempa dan tsunami dengan penugasan secara individual. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam siaga bencana gempa dan tsunami melalui model Pembelajaran SAVI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran siaga bencana gempa dan tsunami dilakukan melalui model Pembelaran SAVI. 2) kemampuan siaga bencana gempa dan tsunami untuk anak tunagrhita ringan kelas VII mengalami pendingkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:39
Last Modified: 12 Aug 2022 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39117

Actions (login required)

View Item View Item