Pengaruh Penggunaan Model Experiential Learning dan Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting

Yonafri, Cindy (2021) Pengaruh Penggunaan Model Experiential Learning dan Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_CINDY_YONAFRI_19174006_4882_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model experiential learning dan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting yang berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif untuk melihat penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa dan tes unjuk kerja untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis sesuai dengan konsep penelitian eksperimen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa model pembelajaran experiential learning dan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting. Pengaruh tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, hasil tes keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang diajar dengan menggunakan model experiential learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Kedua, keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang memiliki penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup tinggi yang diajar dengan menggunakan model experiential learning lebih tinggi daripada siswa yang memiliki penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup tinggi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Ketiga, keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang memiliki penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup rendah yang diajar dengan menggunakan model experiential larning lebih tinggi daripada keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang memiliki penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup rendah yang diajar dengan metode konvensional. Keempat, terdapat interaksi antara model experiential learning dengan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:43
Last Modified: 10 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39115

Actions (login required)

View Item View Item