Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan Untuk Siswa Lamban Belajar Di Sekolah Dasar

Yanti, Wita Tri (2021) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan Untuk Siswa Lamban Belajar Di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WITA_TRI_YANTI_19124057_6092_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh desain pembelajaran yang digunakan guru belum optimal untuk siswa lamban belajar di SD. Desain pembelajaran mengenal bilangan siswa lamban belajar di kelas yang digunakan belum memenuhi kebutuhan,sehingga siswa lamban belajar tidak memiliki kemampuan kepekaan bilangan yang baik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran berbasis mathematical cognition topik mengenal bilangan yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan developmental research approach dengan menggunakan design research yang dikemukakan Gravemeijer & Cobb yang terdiri dari tiga fase yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom, dan conducting retrospective analyses. Subjek uji coba yaitu siswa lamban belajar di SDN 06/111 Ambai Atas. Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, wawancara, angket, dan tes, analisis data dilakukan statistik deskritif. Hasil validasi HLT menunjukkan LIT valid yang terlihat dari aspek isi, bahasa didaktik dan penyajian yang sesuai dengan dengan prinsip yang terlihat dari segi kemudahan dalam penggunaan. Keterbacaan siswa dan ketersediaan waktu sehingga siswa lamban belajar dapat melakukan serangkaian aktivitas belajar LIT. Desain pembelajaran berdampak pada kemampuan kepekaan siswa terhadap bilangan. Kemampuan kepekaan bilangan siswa pada fase baseline A dengan skor rata-rata 3,3 yaitu siswa lamban belajar belum mampu menilai besar bilangan 0-9. Fase intervensi siswa mendapatkan rata-rata 54, kemampuan kepekaan bilangan siswa sudah mampu menilai besar bilangan namun belum tepat dalam memperkirakan banyak benda. Kondisi siswa pada Jase Baseline A' dengan memperoleh rata-rata 89,6 kemampuan kepekaan siswa lamban belajar sudah mampu membandingkan dan menilai besar bilangan 0-9. Hasil ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran berbasis Mathematika Cognition dapat meningkatkan kemampuan kepekaan bilangan siswa lamban belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:10
Last Modified: 10 Aug 2022 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39110

Actions (login required)

View Item View Item