Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualized (Tai) pada Peserta Didik kelas V SDN05 Tiku Agam

Kamil, Novia Wulandari (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualized (Tai) pada Peserta Didik kelas V SDN05 Tiku Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOVIA_WULANDARI_KAMIL_17129386_1146_2022.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangin oleh hasil belajar peserta didik yang masih belum maksimal dalam pembelajaran tematik terpadu serta pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Kooperatif tipe Team Assisted Individualized (TAI) di kelas V SDN 05 Tiku Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengkombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua sklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas V yang berjumlah 27 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentaase pengamatan RPP pada siklus I 84,7% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 91,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, presentase untuk aspek guru pada siklus I yaitu 82,8% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,7% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik dan presentase untuk aspek peserta didik pada siklus I yaitu 82,8% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,7% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 70,37 dengan kualifikasi baik (dengan presentase ketuntasan pertemuan I 48,15% dan pertemuan II 55,56%) meningkat menjadi 82,1 dengan kualifikasi sangat baik (dengan presentase ketuntasan 81,48%) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe team assisted individualized (TAI) dapat meningkatkah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dikelas V SDN 05 Tiku Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:07
Last Modified: 10 Aug 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39104

Actions (login required)

View Item View Item