Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Saputri, Nofita (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas IV SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NOFITA_SAPUTRI_18129129_3050_2022.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar belum maksimal. Ini disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran belum berpusat pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Team Asissted Individualization. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Subjek peneltian adalah semua peseta didik kelas IV SD Negeri 18 Pasaman dengan 11 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I yaitu 82,95% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95,5% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I adalah 81,25 (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Pada aktivitas peserta didik didapat rata-rata siklus I adalah 80% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,5% (SB). Pada hasil belajar peserta didik rata-rata siklus 1 yakni 76,1 (C) meningkat pada siklus II menjadi 85,55 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan meggunakan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:06
Last Modified: 10 Aug 2022 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39103

Actions (login required)

View Item View Item