Adaptasi Siswa Terhadap Pola Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Siswa SMAN 1 Solok

Mahmudi, Wafiq (2021) Adaptasi Siswa Terhadap Pola Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Siswa SMAN 1 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_WAFIQ_MAHMUDI_17058131_4327_2021.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji adaptasi siswa SMAN 1 Solok terhadap pola pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Pada tahun ajaran 2020/2021 SMAN 1 Solok menerapkan PJJ secara daring yang didukung sarana dan prasarana seperti kepemilikan laptop, Smartphone dan akses jaringan internet yang secara teknis sudah memadai. Tapi hasil belajar yang didapatkan oleh siswa SMAN 1 Solok mengalami penurunan. Adaptasi merupakan cara bagaimana organisme menyesuaikan diri dan mengatasi tekanan lingkungan sekitanya untuk bertahan hidup. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan teori Fungsionalisme Struktural yang dikembangkan oleh Talcott Parsons dalam kerangka teori Aksi, teori ini menjelaskan tindakan individu dalam mencapai tujuan dipengaruhi oleh lingkungan, dikendalikan oleh nilai dan norma dan individu memiliki kebebasan untuk memilik sarana dalam mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian Studi kasus (Case Study). Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling teknik ini yaitu memilih informan berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti dengan jumlah informan 10 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, data dianilisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh siswa SMAN 1 Solok terhadap pembelajaran daring cenderung negatif. Akibatnya dalam pembelajaran daring siswa menjadi malas, kebiasaan menunda-nunda untuk menyelesaikan tugas, dan berbuat kecurangan dalam belajar.faktor yang menyebabkan siswa beradaptasi secara adalah kurangya komunikasi yang terjadi selama pembelajaran antara guru dan siswa, terlalu banyak tugas, dan lingkungan belajar siswa di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING, COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:19
Last Modified: 05 Aug 2022 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39062

Actions (login required)

View Item View Item