Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Kelas V Sekolah Dasar

Metrianis, Metrianis (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_METRIANIS_17124103_3832_2021.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Oleh: Metrianis Pembelajaran abad 21 menuntut guru lebih kreatif dan mampu mengantarkan peserta didik untuk dapat berbaur dengan era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya lembar kerja yang digunakan guru dalam proses pembelajaran matematika di kelas yang sebagian besar masih mengandalkan buku tema yang diedarkan oleh pemerintah sehingga keterampilan 4C dalam diri siswa belum tercapai yang mengakibatkan siswa belum termotivasi maksimal dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis STEM untuk Kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase pembuatan prototipe (prototyping phase) dan fase penilaian (assessmentphase). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 07 Teladan Bukit Cangang Kota Bukittinggi sebanyak 22 orang. Data penelitian adalah data hasil pengembanganLKPD berbasis STEM untuk kelas V SD. Penelitian menunjukkan hasil analisis data validasi buku ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan diperoleh rata-rata 88,15 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket guru dan siswa diperoleh rata-rata 89,28 dan 93,4 dengan kategori praktis. Efektifitas LKPD berbasis STEM ini juga ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa dalam pembelajaran setelah menggunakan LKPD berbasis STEM. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM untuk kelas V sekolah dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan dikelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39045

Actions (login required)

View Item View Item