Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas IV SD

Puspita, Kurnia Sari (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KURNIA_PUSPITA_SARI_19124022_2938_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi literatur dan studi pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik materi keliling dan luas bangun datar masih rendah. Hal ini disebabkan pengajaran guru yang terlalu fokus pada buku teks. Sementara penyajian materi keliling dan luas bangun datar pada buku teks belum optimal dan kurang mengaitkan materi dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Oleh sebab itu, dirancanglah perangkat pembelajaran dengan topik keliling dan luas bangun datar berbasis Realistic Mathematics Education yang diimplementasikan pada RPP dan LKPD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan, dan penilaian. Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis peserta didik dan konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar, evaluasi perorangan, dan evaluasi kelompok kecil. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan dan praktisi, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Pada fase terakhir, perangkat pembelajaran diujicobakan pada peserta didik kelas IV SDN 41 Kinali. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap pelaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik dan guru. Kefektivan dilihat dari hasil kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education untuk peserta didik kelas IV SD semester 2 yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/39043

Actions (login required)

View Item View Item